Senin, 21 Agustus 2017

Kegiatan Volunteer “Napak Tilas Proklamasi”

Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan kali ini saya akan membahas tentang Kegiatan Volunteer “Napak Tilas Proklamasi. Yup! It’s time to work! Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2017. Pada kegiatan ini saya mendapat job desk di bagian registrasi “Napak Tilas Proklamasi”. Saya dan tim hanya diberikan satu tugas dan jam kerja saya dimulai pukul 12:00 WIB, jadi saat pagi saya dan tim hanya bantu teman-teman dan sibuk melihat semua perlombaan yang sedang berlangsung.  Eitsss…jangan dilihat dari gabutnya kita, karna pas kita kerja itu menangani ribuan peserta dari 150 sekolah, ratusan komunitas, dan ratusan tamu undangan seperti para Staff dari berbagai Museum, Kemendikbud, Ditjen, Keluarga Tokoh, dan masih banyak lagi.

Berhubung pagi saya dan tim masih kosong, jadi kami sibuk meliput kegiatan-kegiatan lomba yang tengah berlangsung. Lomba yang diselenggarakan pihak Museum sendiri ada banyak, jadi saya nggak bisa meliput dalam waktu yang bersamaan. Berikut lomba-lomba yang sempat saya abadikan:



Lomba Kempit Balon
Sumber: Pribadi

Lomba Congklak
Sumber: Pribadi

Lomba Mewarnai
Sumber: Pribadi

Lomba Enggrang
Sumber: Pribadi

Lomba Makan Donat
Sumber: Pribadi

Lomba Catur
Sumber: Pribadi

Lomba Makan Kerupuk
Sumber: Pribadi

Lomba Kelereng
Sumber: Pribadi

Mural
Sumber: Pribadi
          
Hadiah
Sumber: Pribadi


Selain itu juga ada kegiatan Upacara di acara pembukaan tapi sayang nggak bisa saya dokumentasikan karna saya stay di registrasi. Acara juga nggak hanya dilomba tapi juga ada bazaar makanan gratis, perform sociodrama, marching band, calung, band, pembagian hadiah, dan masih banyak lagi. Buat yang kepo kegiatan saya ngapain aja, ini dia job desk saya dan tim:

Registrasi Napak Tilas Proklamasi
Sumber: Kak Yulia

Sumber: Pribadi

Sociodrama
Sumber: Pribadi


Taraaa...saatnya tiba dipenghujung acara yaitu "Napak Tilas Proklamasi" semua peserta, panitia, dan volunteer ramai-ramai napak tilas start dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi sampai Tugu Proklamasi. Oiya acara ini baru berjalan setelah menunggu pembukaan dari Ditjen. Perjalanan lumayan jauh, namun tak mengurungkan semangat para veteran dan pensiunan untuk ikut berpartisipasi. Buat mereka perjuangan ini tidak lebih dari perjuangan para pahlawan kita di medan tempur. Wuuuaahh...saya langsung terkagum-kagum lihat antusias mereka. Selama perjalanan saya diteman oleh kak Ryan, kak Yulia, dan kak Icha. Kak Ryan itu asalnya dari Solo, jadi baru sampai pagi langsung ikut kegiatan ini. Kalau kak Yulia dan kak Icha dari AKPER. Sembari jalan kita berbincang-bincang hangat...sehangat air mendidih hahaha

Setibanya di Tugu Proklamasi kita kembali dengan tim volunteer lain yang lebih dulu sampai, maklum kita baru bisa ikut jalan setelah selesai bertugas di bagian registrasi. Di sana masih ada serangkaian kegiatan, bahkan Pak Ditjen membagi-bagikan sepeda untuk para peserta yang mampu menjawab pertanyaan. Tidak hanya itu, acara ini juga ikut dimeriahkan dengan kehadiran abang none dari masing-masing region. Banyak wartawan dari berbagai media tak mau ketinggalan untuk meliput momen tahunan ini.

 Suasana Tugu Proklamasi
Sumber: Pribadi

Momen-momen closing adalah nyanyi dan seru-seruan bareng band tradisional di panggung utama. Setelah itu kita foto bersama. Pokoknya yang paling unik dan tak terlupakan adalah saat kita bingung jalan pulang. Saat mau kembali ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi, kita bingung mau naik grab tapi aplikasi nggak mendukung, karna suasana yang crowded banget. Akhirnya kita jalan bareng sampe nemuin yang namanya busway. Dengan pedenya kita naik dan saat ditagih uang di atas kita kelimpungan sendiri, karna ternyata nggak ada yang bawa uang cash hahaha...akhirnya siapapun yang pegang duit dikumpulin, bahkan Rp 2.000 sekalipun. Kita sampe ngerayu abangnya untuk minta diskon, tapi tetep nggak dikasih hahaha. Alhamdulillah uangnya pas, hanya kembali Rp 500. Pengalaman tak terlupakan pokoknya ngebolang sama mereka. Loveee

Volunteer "Napak Tilas Proklamasi" 2017
Sumber: Kak Indah

Keep learn and share

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar